.

.

Kamis, 12 Mei 2016

Sedikit tentang SMA


Tadi siang gua nonton video dokumenter kakak kelas gua angkatan 39 SMAN 1 Cibinong (alumni). Gua sering nonton begituan. Ya “begituan”. Di setiap kali gua nonton video dokumenter kayak gitu, pasti gua ngebayangin gimana kalo nanti udah saatnya gua ngalamin itu. Gua lulus. Pasti rasanya campur aduk. Ada seneng karena pengen lulus dan bebas dari nahan berak di sekolah yang nantinya akan berganti dengan nahan berak di kampus. Ada juga sedihnya karena bakal pisah sama temen-temen yang selama ini mengisi hari hari gua. Gak hanya dengan nonton video dokumenter kayak gitu, cuman denger lagu “Shelia On 7 – Sebuah Kisah Klasik” aja udah bikin gua buat ngebayangin hal itu.

Kata akun twitter @WOWFakta, dalam masa SMA kita udah menghabiskan 17.000 jam waktu hidup kita. Gua kelas 11 dan udah semester dua akhir, berarti sekitar 12.750 jam waktu hidup gua abis di sana. Berarti itu sama dengan Rp. 38.250.000 jika di konversikan dengan satuan bw atau billing warnet. GILAAA. Udah selama itu gua ada di sekolah, ketemu orang yang sama, suasana kelas yang sama, kebiasaan-kebiasaan yang sama, guru-guru yang sama, semua sama tetapi dengan celana dalam yang berbeda. Kebayangkan gimana rasanya jika itu bakal di pisahkan hanya dengan waktu 4 jam acara perpisahan di sebuah gedung yang bakal di hadiri orang tua lu masing-masing? Rasanya tuh bakal canggung. Canggung karena bakal banyak orang tua di sana.  

Tiga tahun atau 17.000 jam gua bakal dengan kelas yang sama dan orang yang sama. Sekarang gua sama temen kelas gua udah saling kenal satu sama lain. Beda dengan pas pertama kali masuk. Bingung mau ngomong apa. Biasanya gua nanya dari sekolah mana terus nanya NEM nya berapa. Banyak yang gua temuin orang orang dengan NEM gede tapi pas gua liat nilai nilai nya di kelas, gua rasa mereka gak pantes dengan NEM sebesar itu. Mereka tuh sampe ada yang gak ngerti cara ngerjain aljabar yang sederhana. Gua bingung mereka tuh masuk sekolah ini lewat jalur reguler, jalur prestasi, atau jalur kanan untuk mendahului.

Waktu kelas 10 gua pikir kelasnya bakal di pisah karena gua liat kakak kelas begitu juga. Ternyata enggak. Dan pada saat itu banyak banget yang drama. Lebay menurut gua. Pas mau kenaikan langsung pada ngechat di grup. Menunjukan kesedihan dan kegelisahan mereka bagaimana kalau kelasnya bakal di pisah. “Gua gak mau di pisah, nanti susah gabungnya lagi”, “Ahhh, kelas-kelas lain gak enak orangnya”, “Kelas kita kan paling seru, gak enak kalau dipisah”. Percaya deh, masing masing kelas tuh nganggep kelas nya paling seru, paling kompak dan segalanya. Jadi nyantai aja. Kalau ada temen kalian yang ngomong kayak gitu, langsung tempeleng aja sambil bilang “Naik kelas aja belum tentu lu ahhh”.

 Gua tau sih, mereka maunya orang yang sama selama 3 tahun itu. Padahal kan kenyataan nya, kalau mereka di pisah juga, gua yakin bakal pada nyatunya sama kelas mereka masing masing. Masih ada waktu 2 tahun buat saling kenal. Akhirnya deket deket juga mau gimana pun alesan mereka kalau di pisah tuh bakal kayak gimana. Kalau pun di pisah juga, emang gak bisa ketemu? Ha E Dabel El O. Helloo? Jarak antar kelas tuh gak kayak jarak bumi ke matahari. Lu bisa jalan, panggil orangnya, ketemu, ngomong, selesai. Jangan bikin rumit. Hidup tuh udah terlalu rumit, jangan di buat tambah rumit. Sebenernya hidup yang simple itu gak ada. Gak ada yang sesimple kata kata bijak di tumblr.

Masa SMA tuh katanya masa yang paling indah. Jangan bikin masa SMA lu gitu gitu aja. Masuk sekolah, belajar, pulangnya les, nyampe rumah tidur. Isi sama yang bisa jadi bahan kenangan buat nanti kedepannya. Jangan banyakin musuh sana sini. Buat 17.000 jam lu itu jadi 17.000 jam terbaik dalam hidup lu. Supaya nanti seandainya lu reunian, lu bakal nemuin kembali 17.000 jam kenangan yang indah. Mungkin lu udah bawa anak ke reunian itu. Lu bisa sambil cerita ke anak lu, “Itu dulu temen papah pernah nangis karena di cengin.” “Itu dulu pas papah masih muda, dia juga masih muda”. Dan intinya di sini adalah dengerin lagu “Sheila On 7 – Sebuah Klasik”.

3 komentar:

  1. Wah true story nih bro..
    Jadi keinget masa sma dulu.. hahaha
    Keep posting ya bro (y) ..
    Thx bacaan nya untuk mengisi waktu luang saya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh makasihh ya, emang ini di ambil dari true story

      Hapus
  2. wahh luar biasa. terharu liat billing warnetnya...

    BalasHapus